Kepuasan Pengguna Lulusan 2022 dan 2023

Kepuasan Pengguna Lulusan 2022 dan 2023

Metro, 05 Juli 2024

Pusat karir dan Inkubator Bisnis UM Metro memiliki tugas terkait alumni selain  pelacakan lulusan (tracer sudy) juga melakukan kegiatan penelusuran kepuasan pengguna alumni. Divisi Tracer memiliki peran untuk mengadakan pelacakan lulusan (tracer sudy serta mendata untuk kegiatan penelusuran kepuasan pengguna alumni.  Pelacakan alumni dilakukan untuk pemetaan kondisi alumni 1 tahun setelah lulus. Tracer Study merupakan salah satu metode yang digunakan oleh UM metro untuk memperoleh umpan balik dari alumni. Selama ini proses pelaksanaan Tracer Study dilakukan oleh masing-masing prodi yang ada di UM Metro, yang biasanya dilaksanakan hanya pada saat pelaksanaan akreditasi program study. Tujuan Tracer Study untuk mengetahui hasil pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia usaha dan industri, keluaran pendidikan berupa penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi, proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap informasi lulusan.

Dari hasil trancer study didapatkan data alumni salah satunya tempat atau instansi bekerja alumni. Selanjutnya data tersebut digunakan untuk penelusuran kepuasan pengguna alumni. Pengguna alumni (Stakeholder) UM Metro adalah instansi/perusahaan yang menggunakan jasa alumni.  Dalam rangka meningkatkan mutu lulusan UM Metro agar memiliki kompetensi yang handal dan profesional di bidang masing-masing. Untuk itu perlunya umpan balik/feedback dari stakeholders/pengguna/user terkait kinerja lulusan UM Metro selama di instansi/perusahaan   alumni bekerja. Survey penelusuran kepuasan pengguna alumni digunakan sebagai bahan evaluasi kinerja lulusan serta wujud nyata untuk meningkatkan mutu lulusan nantinya. Segala hal dalam kuesioner ini bersifat terbatas dan hanya digunakan sebagai bahan evaluasi internal  UM Metro.

Awal mula pelaksanaan penelusuran kepuasan pengguna alumni diawali dari pembangunan sistem website/link/aplikasi perambah survei oleh tim ahli. Pengguna alumni dibangun oleh pustik yang bekerjasama dengan Pusat Karir dan Inkubator Bisnis dan diawasi oleh Lembaga Penjaminan Mutu UM Metro. Sistem yang dibuat mengacu sistem penelusuran kepuasan pengguna alumni melalui kreteria kemenristekdikti. Pelaksanaan penelusuran kepuasan pengguna alumni menggunakan instrumen kuesioner untuk memperoleh data. Kuesioner yang akan digunakan adalah kuesioner yang mengadopsi dari kuesioner kemenristekdikti.